Gerak & Keteraturan di Era Digital

Gerak & Keteraturan di Era Digital

Gerak & Keteraturan di Era Digital 1280 797 rendy.prasetya

Telah terbit dari Pusat Analisis Jaringan Sosial, karya Ruddy Agusyanto “Gerak dan Keteraturan di Era Digital”

Sejak temuan Milgram- six degrees separation– tahun1967, sesungguhnya sejak itulah revolusi kehidupan sosial sebenarnya telah dimulai. Namun, temuan tsb belum menghebohkan dunia pada saat itu. Banyak yang tak menyadarinya, meski Milgram telah menyatakan dengan tegas bahwa“meskipun jarak geografis dan sosial di antara siapapun (dua orang) itu jauh, sesungguhnya mereka dekat dalam hubungan sosial.

Ketika temuan Milgram ini di terapkan ke dalam teknologi komunikasi berbasis internet (melengkapi telpon dan postal sebagai sistem yang tersedia) maka sejak saat itu pula fenomena small world telahdimulai. Sepasang hubungan – siapapun dan di manapun akan terhubung satu sama lain maksimal dalam enam (6) rangkaian hubungan melalui internet. Dalam perjalanan waktu, kejadian di mana pun bisa disaksikan oleh siapapun dalam waktu bersamaan (real time). Kini, era Kesegeraan dan Keserempakan (termampatkannya ruang dan waktu menjadi sedemikian rupa- era digital) telah menjadi kenyataan (fenomena dunia mengecil) di mana dunia tak lagi sekedar bergerak, tetapi kini telah berlari (the runaway world).

Namun, tidak semua pihak siap untuk hidup di era yang “serba segera dan serempak”, sehingga banyak pihak memahaminya sebagai era distruptif – era tak menentu. Benarkah kita sedang berada di era tak menentu?

Di era serba “segera dan serempak” ini, ibarat kita sedang berada di dalam suatu ruangan dengan ribuan televisi (tv). Di mana semua tv “on” (hidup) dengan chanel yang berbeda-beda dari berbagai penjuru dunia – dengan bahasa dan program acara yang berbeda-beda…sangat hiruk-pikuk. Dalam situasi seperti ini, tentu saja membuat kita sulit menikmati program semua acara tv yang sedang berlangsung, apalagi untuk memahaminya. Lalu, apakah yang kita alami di ruangan tersebut, kemudian kita boleh menyimpulkan bahwa dunia sedang distruptif? Atau, dunia sedang berada pada situasi tak menentu? Atau sebaliknya bahwa kerangka berpikir kita yang yang sedang mengalami keterbatasan untuk memahami apa yang sedang terjadi?

Hubungi: Ayu 0821-22-101019